Jumat, 12 Juli 2013

Contoh RPP untuk SD ,




Rencana Program Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                       :  SDN Pagi 2-H
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V/I
Alokasi Waktu            : 1  x  35 Menit

Standar Kompetensi
-          Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha, dan Islam.

Kompetensi Dasar
-          Mengenal makna penininggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.

Indikator
-          Mengidentifikasi peninggalan sejarah melalui gambar.
-          Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam yang ada Indonesia.
-          Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam, Candi dan tradisi agama di berbagai daerah Indonesia.

Nilai Karakter Bangsa
-          Menghargai , Melestarikan, Rasa hormat dan perhatian (respect) dan Tanggung Jawab  ( responsibility).

1.      Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat menyebutkan dan menceritakan kerajaan-kerajaan Hindu, Budha, dan Islam yang pernah berdiri di Indonesia.
b.      Menyebutkan peninggalan sejarah Hindu, Budha, dan Isla
2.      Materi Ajar
*Terlampir

3.      Alokasi Waktu
1 X 35 Menit

4.      Pendekatan    : Flashback
Model             : Number Head Together
Metode           : Ceramah dan Tanya Jawab

5.      Langkah-Langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal  (5 Menit)
-          Mengajak siswa berdoa dengan agama  dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
-          Mengecek Kehadiran Siswa.
-          Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan Inti (20 Menit)
-       Eksplorasi
-          Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.
-          Menjelaskan cara-cara melestarikan serta  mengambil makna dari peninggalan pada masa  bercorak Hindu, Budha,  dan Islam di Indonesia.
-       Elaborasi
-          Guru membagi kelompok menjadi 9 kelompok yang terdiri dari 4 orang.
-          Guru menjelaskan peraturan main.
-          Guru memanggil dengan acak nomor berkepala serta warna kelompok.
-          Guru memberikan pertanyaan dan siswa yang dipanggil tersebut harus wajib menjawab.
-       Konfirmasi
-          Guru menanyakan apakah semua siswa sudah paham atau belum.
-          Siswa dan guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan kesimpulan.
c.       Kegiatan Penutup (10 Menit)
-          Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
-          Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi atau pengayaan.
-          Guru memberikan PR.

6.      Penilaian Akhir
Tekhnik Tes :
-       Tes Lisan
-          Keberanian menjawab atau menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
-          Ketepatan jawaban.
-          Keseriusan dalam konsentrasi dalam menyimak.

7.      Sumber Bahan dan Media Pembelajaran
-          Buku BSE Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 5 untuk Sekolah Dasar.
-          Infocus dalam bentuk slide.

Mengetahui,
Kepala Sekolah




(_______________________)
NIP :







…….……..,…………………20…….
Guru Kelas




(_______________________)
NIP :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar