Rencana
Program Pembelajaran
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SDN Pagi 2-H
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Standar
Kompetensi
-
Menghargai berbagai
peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha, dan
Islam.
Kompetensi
Dasar
-
Mengenal makna
penininggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu, Budha,
dan Islam di Indonesia.
Indikator
-
Mengidentifikasi
peninggalan sejarah melalui gambar.
-
Menyusun daftar
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam yang ada Indonesia.
-
Menceritakan
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam, Candi dan tradisi
agama di berbagai daerah Indonesia.
Nilai
Karakter Bangsa
-
Menghargai ,
Melestarikan, Rasa hormat dan perhatian (respect)
dan Tanggung Jawab ( responsibility).
1.
Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa
dapat menyebutkan dan menceritakan kerajaan-kerajaan Hindu, Budha, dan Islam
yang pernah berdiri di Indonesia.
b. Menyebutkan
peninggalan sejarah Hindu, Budha, dan Isla
2.
Materi
Ajar
*Terlampir
*Terlampir
3.
Alokasi
Waktu
1 X 35 Menit
4.
Pendekatan : Flashback
Model : Number Head Together
Metode : Ceramah dan Tanya
Jawab
5.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal (5 Menit)
-
Mengajak siswa berdoa
dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
-
Mengecek Kehadiran
Siswa.
-
Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti (20 Menit)
-
Eksplorasi
-
Menjelaskan dan
menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Budha, dan Islam
di Indonesia.
-
Menjelaskan cara-cara
melestarikan serta mengambil makna dari
peninggalan pada masa bercorak Hindu,
Budha, dan Islam di Indonesia.
-
Elaborasi
-
Guru membagi kelompok
menjadi 9 kelompok yang terdiri dari 4 orang.
-
Guru menjelaskan peraturan
main.
-
Guru memanggil dengan
acak nomor berkepala serta warna kelompok.
-
Guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang dipanggil tersebut harus wajib menjawab.
-
Konfirmasi
-
Guru menanyakan apakah
semua siswa sudah paham atau belum.
-
Siswa dan guru
meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan kesimpulan.
c. Kegiatan
Penutup (10 Menit)
-
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
-
Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi atau pengayaan.
-
Guru memberikan PR.
6.
Penilaian
Akhir
Tekhnik Tes :
-
Tes
Lisan
-
Keberanian menjawab
atau menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
-
Ketepatan jawaban.
-
Keseriusan dalam
konsentrasi dalam menyimak.
7.
Sumber
Bahan dan Media Pembelajaran
-
Buku BSE Ilmu Pengetahuan
Sosial kelas 5 untuk Sekolah Dasar.
-
Infocus dalam bentuk
slide.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(_______________________)
NIP :
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Kelas
(_______________________)
NIP :
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar